Rabu, 12 September 2012

Yamaha Mio, Kencang Dengan Racikan Lokal



Yamaha Mio 
2009 milik tim Pells Racing Solo ini mampu mengantarkan Tony Cupang dan Jhon Pells naik podium kelas Matic 200 cc Rangka Standar. Terjadi minggu lalu di TDR YSS Comet Drag Bike, Jogja. Meskipun hanya menduduki posisi 3 dan 4, namun besutan ini murni hasil racikan anak negeri.
Peraciknya Arif Sigit Wibowo, mekanik sekaligus pemilik tim Pells Racing yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. “Saya lebih suka bikin mesin sendiri, sampai kelas Supermatik 300 cc juga digarap sendiri. Bukan bawa mesin utuh dari Thailand,” ujar Pells, sapaan akrabnya.
Jadi, makin penasaran faktor apa saja yang bikin motor ini mampu melesat kencang. Pastinya pake resep dong? “Untuk turun di kelas 200 cc, mengandalkan piston Kawahara diameter 66 mm tipe forging,” ujar mekanik berambut ikal ini.
Pilihan pakai piston forging ada beberapa alasan, lho. Salah satunya lantaran bobot piston tergolong ringan. Kalau di bandingkan dengan non forging macam piston Tiger jauh lebih enteng. Cocok buat besutan drag bike yang butuh bobot ringan. “Piston forging bikin putaran mesin enteng dan cepat naiknya,” lanjut Pells lagi.
Lantaran piston 66 mm, dirasa sudah mencukupi kapasitasnya untuk turun di kelas 200 cc. Jadinya enggak perlu lagi pakai jurus naik stroke. Pakai stroke standar bikin mesin jadi lebih awet. Kalau dihitung pakai rumus volume total mesin Mio ini jadi 197,98 cc.
Besarnya piston diimbangi pemasangan klep gambot hasil custom. Buat klep in, diameter payung klep dibikin jadi 34 mm. Sedang klep ex 28,5 mm. “Klep copotan dari Toyota Vios punya ukuran yang cukup besar dan bahannya lebih kuat,” katanya.
Selanjutnya, untuk mengejar kompresi yang diinginkan, kepala silinder ikut dipapas hingga 0,6 mm. Kubah di silinder head, mengikuti diameter piston. Namun rasio kompresi tidak diukur.
Tak tertinggal, asupan bahan bakar juga dipikirkan. Pells mengandalkan karburator Keihin PE 28 yang lubang venturinya sudah direamer jadi 30 mm. Main-jet dipatok 130 dan pilot-jet 45 cocok untuk bermain di trek pinggir pantai.
Oh ya buat CVT, juga kasih bocoran nih. Roller yang dipakai mengandalkan Kawahara dengan bobot rata 8 gram. Pulley juga ikut kena sentuhan dengan mengubah sudutnya dari 13,5 derajat menjadi 14 derajat. “Dibikin lebih meruncing biar tenaga putaran bawah lebih cepat di gapai,” tutup Pells. Blarrr…! (motorplus-online.com)
DATA MODIFIKASI
Ban belakang: Eat My-Dust 60/80-17
Ban depan: Comet 215-17
Cakram depan: Yamaha Mio
Rocker arm: Honda Blade
Knalpot: Kawahara

Tips Memodifikasi Motor Biar Kencengggg...!!1



Halo lam kenal...
mau kenceng, tetep tergantung budget bos...hehehe...
step 1>> ganti knalpot racing (dan pilot jet kalo perlu),roller, per cvt,...(dengan ubahan ini tidak akan menambah top speed, tapi akselerasi bertambah).estimasi biaya :
knalpot:(HRP) kisaran 200rb
           (AHM)kisaran 350-400rb
           (yy pang) kisaran 250-350 rb
           (endurance) kisaran 500-600rb
           (DBS) kisaran 1,2-1,4 jt
           (TDR) kisaran 800 rb...dsb msh bnyk lg...
           *masing-masing knalpot punya spek sendiri..enak di rpm bwh, medium, atau high, atau gabungan diantaranya..
roller: satu buah paling 9rb atu 10 rb..
         pakai kombinasi 9gr-11gr, atau 10gr-10,8gr(std)... (yg paling umum utk mtr std), atau terserah anda..tergantung di rpm berapa anda ingin bermain..
per cvt: ada merk lhk,cld,kitaco,barra,dsb...kisaran 80-110rb..
            per cvt yang merah untuk 2000rpm,yang putih 1500rpm..

step 2>> papas head 0,5-0,8 mm,noken as racing,per klep racing, koil racing,CDI racing unlimiter...(nah di tahap ini mulai serius karena ada beberapa part std yang kena bubut, dan mesin mulai dibongkar-bongkar..)
Papas head: 0.5-0,8 mm..kisaran paling 25 rb..tergantung
                 bengkel bubutnya, dan ongkos bongkar head cyllinder
                 + skir klep..kisaran 50rb,75rb tergantung bengkel
noken as racing: beragam merk CLD,LHK,KAWAHARA, kisaran harga
                       sekitar 300rb-450rb..
                       *masing-masing noken as punya spek sendiri ada
                         yang korek harian atau kompetisi, dibedakan atas
                         derajatnya..misal-280drajat,sampe 330 drajat
                       *jika mengganti noken as dgn yg racing, maka per
                         klep jg hrs diganti yg lebih keras(racing) untuk
                         menghindari klep floating pada putaran atas.
                         merk beragam sama spt diatas..
                       *tenaga pada mesin 4 tak (4 stroke) yg besar,
                         berasal dari modifikasi head (utk kompresi), dan
                         durasi noken as !!
koil racing: ada beberapa merk: XP andrion,blue thunder,nology,
                CLD,kitaco,,,dsb harga kisaran 150rb-250rb..
                *koil akan bekerja maksimal jika juga dilakukan
                  perubahan pada CDI.
CDI racing : Ada beberapa merk: XP,black hawk,kitti,shindengen,BRT,
                 kitaco,rextor,dsb...kisaran 250-1jt..
                 *beberapa CDI racing ada yang yang bisa diprogram
                  (programmable), dan ada yang dual band..
             
                 *masing-masing CDI tsb mempunyai spek derajat
                   pengapian yang berbeda..(tanya penjual)
                 * NOTE: produk yang baik pasti akan menyertakan
                    spek nya pada kemasan..
step 3>>membesarkan CC alias Bore UP!!!!
            ini adalah step yang paling sangat serius walaupun masih dapat digunakan untuk harian.banyak part yang harus diganti untuk mengimbangi besarnya tenaga..dan agar tenaga yang besar tsb dapat maksimal..
banyak merk di pasaran untuk blok bore up:
merk eon (diameter 58,5mm) kisaran 600-750 rb (yg ceramic)
merk RRGS (diameter 58,5) kisaran 700-850 rb
merk posh..(hilang di pasaran)...dsb

jika piston diganti dengan ukuran 58,5 mm maka mio/nouvo akan bengkak menjadi 155cc (dengan stroke std)..
untuk merk RRGS juga terdapat hingga diameter 73mm (kalo ga salah)..tapi yang pasti diatas 58,5 mm maka crankcase harus dibubut...
untuk paket yang lebih murah, jg terdapat piston merk HI-speed dengan uk.69mm ke atas (tanpa blok)..bisa didapat di harapan motor (cineng)kebon jeruk III, atau MC racing..
atau untuk pembesaran hingga 125 cc dapat digunakan piston daytona khusus untuk mio/nouvo.. bisa didapat di daytona ciledug (sebelah raja motor).

setelah pembesaran diameter piston maka selanjutnya adalah pembesaran diameter klep,bisa memakai klep sonic atau shogun atau dapat dibeli paket yang langsung plek beserta head cylinder..
bisa didapat di matic shop ciledug, JP racing, Raja motor ciledug,matic corner cinere,dsb....harga kisaran 1,2-1,8 jt..
jika anda memodifikasi sendiri head cylinder, harap diperhatikan Squish yang diaplikasi...

untuk mengimbangi tenaga yang besar, maka belt harus kuat (kevlar) walau untuk harian belt std jg msh dapat diandalkan. juga rumah roller (variator) harus diganti dgn yg lebih besar (kitaco,RRGS,TDR,...dsb)...
setelah itu adalah penyaluran tenaga yaitu gigi rasio...
penggantian rasio tergantung dengan trek (harian, drag, atau road race)...tapi untuk herian yang kadabg-kadang dipakai berboncengan gigi rasio std nouvo udh lmyn panjang...

kemudian hal yang vital yang harus diganti adalah karburator..
biasanya memakai keihin PE 28,krn harganya lmyn terjangkau...kisaran 450-550rb...dan selanjutnya adalah setting spuyer (main jet-pilot jet)...

modifikasi diatas biasa dilakukan pada motor mio/nouvo...
semuanya tergantung mekanik atau bengkel yang menjadi bidan motor anda...
untuk step 2 dam step 3 yang pasti top speed bertambah tergantung ubahan yang dilakukan dan keberanian anda....

SELAMAT MEMODIFIKASI!!!

Yamaha Mio Fino 2012, Kuat Napas Bawah!

Yamaha Mio Fino geberan Bram Prasetya ini seakan ‘terbang’ setelah keluar tikungan. Power bawah yang diusung tergolong dahsyat. Turun di kelas FFA s/d 350 cc, podium kerap diinjaknya. Padahal, kapasitas engine baru sentuh 232 cc, lho.

Volume silinder yang tergolong kecil untuk kelas FFA ini, muncul dari pemakaian diameter piston Honda Tiger. “Pakai punya Tiger yang diameternya sudah 66 mm,” ujar Mansuri, selaku tunner tim CLD Em-Push Jet-Up Apry Yostar, tempat Bram bernaung.

Tetapi piston Tiger itu juga tidak dibiarkan bentuknya. Suri melakukan sedikit modif di dinding piston. Tepatnya di sekitar lubang. Tujuannya buat menambah jalur oli. Sehingga friksi antara piston dengan liner jadi minim.

Selain dari piston, kapasitas 232 cc ini juga dikejar lewat langkah naik stroke. Stroke dinaikkan melalui metode geser big end. Pen kruk as alias big end digeser maju 5 mm. Total, naik-turun jadi 10 mm.

Tapi, Suri, begitu tunner ini ingin disapa, tetap mengaplikasi setang seher standar milik Fino. Akibatnya, doi kudu membobok dinding crankcase bagian bawah. Tepatnya, dekat pompa oli. “Kalau enggak dibobok, bisa mentok kruk as dengan crankcase,” sebut pria yang kental logat Betawi ini sembari bilang crackcase itu dibobok sekitar 4 mm.

Toh cara ini lebih dipilihnya setelah melakukan beberapa percobaan. Iya, sebelumnya doi pernah pakai setang seher yang punya diameter big end lebih kecil. Jadi, posisi pen tak terlalu maju. “Tapi, cara itu enggak awet. Kruk as sering melintir. Namun kalau tetap pakai setang Mio, enggak ada masalah tiap habis balap,” sebutnya.
 Besarnya diameter piston dan volume silinder yang diaplikasi, Suri mengimbanginya lewat pemakaian klep gambot yang punya diameter batang klep 5,5 mm. Pakai klep EE5, diameter payung klep in bermain di angka 34 mm. Sedang klep buang alias ex, 29 mm.

Kinerja buka-tutup klep pun diatur ulang lewat kem CLD yang bagian bumbungannya dipapas 1,5 mm. “Kalau untuk durasi klep in 278º dan klep ex 277º,” kata tunner kelahiran 1979 itu.

Lewat pemapasan kepala silinder 1,5 mm, kini rasio kompresi yang diusung bermain di 13,8 : 1. Wah, pantas aja power bawahnya besar!

Sebagai pengabut bahan bakar dan udara, Suri andalkan karburator Mikuni TMR 28 mm. Pilot-jet pakai 35 dan main- jet 135. Wah, kenapa tak pakai Keihin PE aja? “Kata jokinya, keluar tikungan jadi lebih spontan,” tutup Mansuri.

 DATA MODIFIKASI
Ban: Battlax 80/90-16
Disc brake: Daytona
Sok belakang: Daytona
Roller: CLD 10 & 12 gram
Knalpot: Jet-Up

 

Modifikasi Yamaha Mio Sporty


SPESIFIKASI  :

PELEK DPN/BLK: YOKO

 BAN DPN/BLK: Swallow Drag
 TACOMETER: Auto Gauge
BENGKEL MODIF: GDZH Custom Style Jombang
KEDOK DPN: Blade
BURITAN: Revo

Modifikasi Mio Sporty Low

SPESIFIKASI  :

 
FORK : Yoshimura
BAN : Swallow Deli Tire 140 & 160 -14 
PELEK : Genio & Avansa Custom
KNALPOT : Nob

Airbrush MIO SOUL FULL MODIF




Mio Soul Full Modif :

Tahun             : 2008
Warna            : Merah
Transmisi        : Matic
Bahan Bakar  : Pertamax
CC motor      : 150 CC Tune Up

Airbrush Dengan tampilan Clasicc


Mio Sporty Trend Air Brush 2012 dengan gaya pop art dan distro dengan tampilan yang lagi boming di tanah jawa Trend Air Brush yang terinspirasi oleh style Burgerman yang nampak diaplikasi ke mobil mewah macam BMW yang kerap munculin mobil berwarna yang artistik. Tujuan gaya ini jelas agar tampil unik, fresh, dan berseni beda. Kalau di mobil stiker ini kerap dipakai pada bagian kap mesin, sedang di media motor yang kecil cukup diblok saja pada satu bagian besar agar nampak. Contohnya seperti pada sayap bebek di kiri-kanan, cover samping saja, atau bagian sepatbor belakang. Ingat pasangnya bukan full bodi semua tertutup namun lebih baik terpasang satu bagian bidang bodi sajadesain ke beberapa aliran modifikasi seperti funky, low rider sampai model ceper. Buat penyuka tampilan kalem n nggak pengin menonjol, pilih warna yang senada kelir bodi dengan jumlah yang tidak lebih dari 3 warna. Sedang yang pengin tampak ngejreng n nonjol pilih banyak warna dan model kartun yang variatif

Mio Sporty Trend Air Brush 2012 Untuk Kaum HAWA

Auranya khas wanita namun tetap unik,” tandas Doni. Bodi Mio terlebih dulu diampelas total dengan kertas gosok no 1000 lalu setelah halus dicat epoxy yang selanjutnya diberi warna dasar putih dari bahan cat Sikkens.

Selanjutnya matras dimainkan kertas film yang didesainkannya motif tokoh kartun Mickey Mouse, Guffy and friend. ”Kalo gak pake mall hasil kartun kurang maksimal,” ujar Basuki Punggawa Studio 45 Padas, Ngawi.

Agar tahan lama maka pelindung brush dipercayakan cat Sikkens juga. Aura aseso dimunculkan selongsong sok depan menunjuk X Speed dan belakang up side down. ”Makin gambot ban belakang orsi Mio Sporty didesain ala low rider sehingga lengan ayun kupanjang sekitar 4 cm,” ujar kekasih Ayu. Sekalian aja kado hari kasih sayang buat sang pacar. | cand

Spek brush :
SOK DPN : X Speed, SOK BLKG : up side down, TACKO : Type R, Kyoso, KNALPOT : variasi, CAT : Siken, VERNIS : Siken

Trend Air Brush Yamaha Mio 2012

Hasil Eksperimen seorang brusher memang tak jauh dari dunia seni. Inilah yang menjadi modal awal bagi Mbah Wito yang beken dengan bengkel Wito Airbrush-nya untuk bikin kreasi gress yang identik dengan virus pembawa trend. "Seiring dengan banyak masukan dari generasi muda aku mulai beranikan diri untuk bikin trend Pop Art Grafity ini," tutur mbah Wito.

Dalam karyanya pada Yamaha Mio lansiran tahun 2009 milik Edi Wibowo ini, tema Pop Art yang dijadikan referensi modifnya cenderung pada karakter cultural. "Memang sekilas aliran yang satu ini identik dengan motif ornamen yang dulu pernah ada, tapi satu hal yang masih masuk dalam istilah Pop Art adalah ciri khas warna-warna komplementer, cerah, dan terang yang aku pertegas dalam karya ini," imbuhnya.

Selain didukung dengan grafity modern, aksen Pop Art yang mengharuskan aksi tabrak warna setidaknya menjadikan alasan kenapa pioner brusher di kota Solo ini mengambil cat candytone dari Sikkens dan Spies Hecker. "Medianya dari krom plastik, maka biar kesan glamor dari krom masih ada untuk catnya aku pake candy," terangnya.

Sedangkan kecenderungan grafity cultural yang identik dengan lekukan dinamis disengaja untuk memunculkan karakter girlie. "Karena motor ini untuk kado istri saya maka aku inginkan hasil akhir yang pas jika dipakai cewek," bilang sang owner yang merupakan suami dari Linda Yuliana ini.

Sedangkan untuk memperkuat karakter Pop Art, untuk detail pada setiap asesoris modifnya pun ikutan diolah ulang dengan painting. Seperti konkretnya pada tutup cover knalpot TJR sengaja dilabur ulang dengan oplosan cat ungu, kuning, dan juga merah guna dapatkan warna komplementer yang mencolok. "Jika ada pasien yang siap dana untuk kuda besinya berani digarap total Pop Art dengan berbagai aliran lainnya aku sich siap aja," janji Mbah Wito. | dnr

SPEK MODIF
SOKBEKER DPN: Combiz, SOKBEKER BLK: Gazi, CAKRAM DPN: TDR, COVER KNALPOT: TJR, SPEEDO: Digital Koso, PELEK DPN/BLK: Power 14", PAHA REM: SRK, CAT: Candy Sikkens & Spies Hecker, CLEAR: Sikkens